Cara membuat Lampion Benang

Tutorial Cara membuat Lampion Benang - Kreasi kerajinan lampion benang adalah suatu kerajinan tangan yang berbahan dasar dari benang dengan dibentuk sebagai tempat lampu bolam. Lampion ini biasanya dibuat ileh seorang pengusaha kerajinan lampu karena banyak sekali para pecinta kreasi craft yang mencari lampu hias rumah maupun tempat tidur ini karena murah namun unik. Mau tahu cara membuatnya? Berikut ulasan ringkasnya.
Cara membuat Lampion Benang

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
  • Balon udara
  • Benang Wol / beang kain
  • Lem
  • Kuas
  • Kertas Minyak


Proses cara membuat kerangka lampion benang:
  1. Tiup balon sampai ukuran yang ingin Anda buat. Tujuannya nanti adalah ukuran balon ini menjadi dasar besar kecilnya lampion yang Anda buat. Buatlah sebuah lingkaran kecil pada bagian atas balon, sebagai pembatas tepi lem. Untuk lubang lampu nantinya.
  2. Buatlah campuran lem di sebuah wadah. Bisa menggunakan lem pati kanji maupun lem yang lain. Aduk-aduk sampai rata di sebuah wadah.
  3. Siapkan kuas, dan olesi kuas dengan lem.
  4. Lumasi seluruh permukaan balon yang Anda tiup tadi dengan lem, pastikan seluruh permukaan terolesi kecuali bagian atas tadi.
  5. Liliti seluruh permukaan balon yang telah diolesi lem dengan benang secara acak dan merata. Hal ini membutuhkan wakt yang cuku lama, karena kita harus meliliti seluuh permukaan balon dengan benang.
  6. Jika sudah diamkan hingga mengering, jang dikeringkan lagsung pada cahaya matahari karena takut nanti malahan meletus.
  7. Nah setelah kering, bagian luar bisa terkelupas membentuk sebuah kerangka lampion.
  8. Tutup kerangka tersebut dengan kertas minyak, alangkah baiknya jika kertas tersebut sudah memiliki motif, corak dan gambar yang cantik.





Demikian informasi bagaimana cara membuat lampion benang yang bisa Anda coba dirumah. Selamat mencoba dan ber-ispirasi.
Previous Post
Next Post